Sabtu, 16 Mei 2020

Komunikasi (lanjutan 4)




Teknik Penyusunan Pesan

Seorang public relations yang profesional harus memiliki keahlian menulis. Menurut Fraser P. Seltel “menulis adalah kunci public relations meskipun saat ini adalah era komputer” Secara umum, public relations writing merupakan aktivitas menulis yang didesain untuk membangun dan menjaga hubungan positif dengan publik yang dapat memengaruhi organisasi, karena itu tujuannya adalah menginformasikan dan memengaruhi sikap dan perubahan perilaku publik.

1 Pengertian teknik penulisan humas

Menulis adalah pekerjaan yang memerlukan perpaduan pikiran, perasaan, dan tangan. Pikiran artinya wawasan pengetahuan yang luas. Perasaan mencakup rangsangan emosional pada otak, seperti keindahan tulisan, unsur seni atau etika penulisan. Tangan maksudnya adalah teknik-teknik dasar menulis.

Teknik penulisan humas (public relation writing) adalah suatu keterampilan menulis (writing skills) PR dalam menghasilkan naskah-naskah yang diperlukan untuk kepentingan pencitraan positif dan popularitas perusahaan atau organisasi. Tipe-tipe atau penulisan naskah public relations dapat dibagi menjadi dua bagian, sebagai berikut.

a. Berkaitan dengan media relation atau press relations, seperti naskah press release (siaran pers), advertorial, dan press conference (press kit, atau media kit).

b. Berkaitan dengan media. promosi, informasi dan komunikasi perusahaan atau organisasi, seperti naskah untuk dipublikasikan di newsletter, in house magazine atau komponen magazine, naskah laporan tahunan (annual report), company profile, leaflet, booklet, brosur dan sebagainya.

Secara umum proses dasar menulis terdiri dari tiga tahap, sebagai berikut.

A. Perencanaan

Tahap perencanaan adalah tahap awal yang menentukan proses penulisan lebih lanjut. Tahapan dalam perencanaan mencakup beberapa hal berikut ini.

1) Merumuskan maksud atau tujuan menulis. 2) Tulisan untuk mata atau untuk telinga. 3) Tulisan harus didasari oleh pokok pikiran (tema sentral). 4) Menganalisis khalayak atau orang yang menjadi sasaran pesan. 5) Menetapkan media.

B. Penulisan

Tahap penulisan merupakan implementasi hal-hal yang ditetapkan pada tahap perencanaan. Tahapan dalam penulisan mencakup beberapa hal berikut.

1) Biasakan membuat draft. Draft disebut sebagai rancangan tulisan. 2) Tulisan sederhana, jelas dan mengarah. '

3) Mengelola bentuk dan teknik penyajian pesan.

C. Evaluasi

Tahap ini adalah tahap untuk melakukan pengecekan terhadap hasil tulisan.


Jenis-jenis penulisan humas

  1. Press release
  2. Feature
  3. Backgrounders
  4. Factsheet
  5. Whitepaper
  6. Brosur
  7. Web organisasi
  8. Newsletter
  9. Surat pembaca
  10. Advertorial
  11. Press conference
  12. Laporan tahunan
Pemakaian bahasa dalam pers
  1. Sederhana
  2. Singkat
  3. Padat
  4. Lugas
  5. Jelas
  6. Jernih
  7. Menarik
  8. Demokratis
  9. Populis
  10. Logis
  11. Gramatikal
  12. Menghindari kata tutur
  13. Menggunakan kalimat aktif
  14. Menghindari kata/istilah teknis
  15. Menghindari kata/istilah asing
  16. Tunduk pada kaidah dan etika bahasa baku
Untuk tugas nya cari tahu kemudian jelaskan jenis jenis penulisan humas yg tadi disebutkan, potokan jawaban kalian lalu kirimkan via wa, wa seperlunya tidak usah menggunakan emotikon dan jangan lupa absen dikolom komentar, tugas dan absen hanya berlaku sampai jam 18.00, terimakasih 

14 komentar:

Regulasi kepegawaian 2

  B. Memahami peraturan pemerintah tentang ketenagakerjaan Peraturan pemerintah Indonesia yang mengatur tentang jaminan sosial tenaga kerja ...