Teknik Penyusunan Pesan
Seorang public relations yang profesional harus memiliki keahlian menulis. Menurut Fraser P. Seltel “menulis adalah kunci public relations meskipun saat ini adalah era komputer” Secara umum, public relations writing merupakan aktivitas menulis yang didesain untuk membangun dan menjaga hubungan positif dengan publik yang dapat memengaruhi organisasi, karena itu tujuannya adalah menginformasikan dan memengaruhi sikap dan perubahan perilaku publik.
1 Pengertian teknik penulisan humas
Menulis adalah pekerjaan yang memerlukan perpaduan pikiran, perasaan, dan tangan. Pikiran artinya wawasan pengetahuan yang luas. Perasaan mencakup rangsangan emosional pada otak, seperti keindahan tulisan, unsur seni atau etika penulisan. Tangan maksudnya adalah teknik-teknik dasar menulis.
Teknik penulisan humas (public relation writing) adalah suatu keterampilan menulis (writing skills) PR dalam menghasilkan naskah-naskah yang diperlukan untuk kepentingan pencitraan positif dan popularitas perusahaan atau organisasi. Tipe-tipe atau penulisan naskah public relations dapat dibagi menjadi dua bagian, sebagai berikut.
a. Berkaitan dengan media relation atau press relations, seperti naskah press release (siaran pers), advertorial, dan press conference (press kit, atau media kit).
b. Berkaitan dengan media. promosi, informasi dan komunikasi perusahaan atau organisasi, seperti naskah untuk dipublikasikan di newsletter, in house magazine atau komponen magazine, naskah laporan tahunan (annual report), company profile, leaflet, booklet, brosur dan sebagainya.
Secara umum proses dasar menulis terdiri dari tiga tahap, sebagai berikut.
A. Perencanaan
Tahap perencanaan adalah tahap awal yang menentukan proses penulisan lebih lanjut. Tahapan dalam perencanaan mencakup beberapa hal berikut ini.
1) Merumuskan maksud atau tujuan menulis. 2) Tulisan untuk mata atau untuk telinga. 3) Tulisan harus didasari oleh pokok pikiran (tema sentral). 4) Menganalisis khalayak atau orang yang menjadi sasaran pesan. 5) Menetapkan media.
B. Penulisan
Tahap penulisan merupakan implementasi hal-hal yang ditetapkan pada tahap perencanaan. Tahapan dalam penulisan mencakup beberapa hal berikut.
1) Biasakan membuat draft. Draft disebut sebagai rancangan tulisan. 2) Tulisan sederhana, jelas dan mengarah. '
3) Mengelola bentuk dan teknik penyajian pesan.
C. Evaluasi
Tahap ini adalah tahap untuk melakukan pengecekan terhadap hasil tulisan.
Jenis-jenis penulisan humas
- Press release
- Feature
- Backgrounders
- Factsheet
- Whitepaper
- Brosur
- Web organisasi
- Newsletter
- Surat pembaca
- Advertorial
- Press conference
- Laporan tahunan
Pemakaian bahasa dalam pers
- Sederhana
- Singkat
- Padat
- Lugas
- Jelas
- Jernih
- Menarik
- Demokratis
- Populis
- Logis
- Gramatikal
- Menghindari kata tutur
- Menggunakan kalimat aktif
- Menghindari kata/istilah teknis
- Menghindari kata/istilah asing
- Tunduk pada kaidah dan etika bahasa baku
Untuk tugas nya cari tahu kemudian jelaskan jenis jenis penulisan humas yg tadi disebutkan, potokan jawaban kalian lalu kirimkan via wa, wa seperlunya tidak usah menggunakan emotikon dan jangan lupa absen dikolom komentar, tugas dan absen hanya berlaku sampai jam 18.00, terimakasih
Lia Rahmawati XI Otkp4
BalasHapusMirna Wati
BalasHapusXI-OTKP 2
Rahmi Widiantari XI OTKP 2
BalasHapusSilviani komalasari XI OTKP3
BalasHapusTia wati XI otkp 2
BalasHapusMelisa XI otkp1
BalasHapusRika Oktavia Silitonga XI OTKP 1
BalasHapusRika Oktavia Silitonga XI OTKP 1
BalasHapusAriyanti Xl Otkp 1
BalasHapusMuhammad Rizki Waluya OTKP 1
BalasHapusSennita Sari
BalasHapusXI OTKP 2
Ma'mun Nawawi XI otkp 2
BalasHapusAnisa XI OTKP 2
BalasHapusMona Mega f XI otkp 3
BalasHapus